Ini Kata Bill Gates Soal Kapan Vaksin Corona Dapat Di temukan

Ini Kata Bill Gates Soal Kapan Vaksin Corona Dapat Di Temukan

Liputan6kita- Sejumlah ilmuwan kini mulai meminta bantuan komputer super untuk menghambat penyebaran virus corona COVID-19 dengan menemukan senyawa obat untuk virus yang pertama kali ditemukan di China ini. Para peneliti dari Oak Ridge National Laboratory baru saja merilis hasil dari projek dengan memakai komputer super buatan IBM bernama Summit untuk menemukan obat-obatan paling efektif

Awalnya, ada 8.000 senyawa obat yang diujicobakan dan komputer super Summit dengan algoritmanya memperpendek waktu untuk reaksi obat. Hasilnya, kini ada 77 obat yang potensial sebagai calon obat corona. Summit diperlukan untuk mempercepat mendapatkan hasil dari simulasi yang kami butuhkan. Waktunya hanya satu atau dua hari, sementara dengan komputer biasa butuh berbulan-bulan,”ujar Jeremy Smith salah satu peneliti, seperti dilansir dari New York Post, Selasa (24/3/2020).

Para peneliti ini mengungkapkan penelitian ini bukan berarti sudah ditemukan obat virus corona tetapi penelitian ini untuk mengetahui apakah ada karakteristik dari senyawa obat yang bisa digunakan untuk mengurangi penyebaran virus. Hasil ini bukan berarti kami sudah menemukan obat atau perawatan untuk virus corona, tapi kami berharap temuan komputasi ini akan mengkonfirmasi studi di masa depan dan memberikan kerangka kerja yang dapat digunakan peneliti untuk menyelidiki senyawa ini lebih lanjut,” ujar Jeremy Smith Senyawa obat yang telah ditemukan para peneliti itu, sekarang dapat berperan dalam mengembangkan perawatan baru atau bahkan vaksin yang sangat efektif yang akan menjaga virus agar tidak berakar di dalam tubuh seseorang.

Hingga kini belum ditemukan vaksin anti corona, pertahanan terbaik kita terhadap virus corona adalah menjaga jarak sosial (social distancing). Pendiri Microsoft, Bill Gates memprediksi bahwa vaksin yang bisa menyembuhkan virus corona COVID-19 akan siap hadir dalam kurun waktu 18 bulan ke depan. Dilansir dari Business Insider, (20/3/2020), hal tersebut ia kemukakan pada sesi tanya jawab Asking Me Everything dalam forum komunitas Reddit.

Baca Juga artikel Kami – ini lah Ciri ciri orang yang mengalami Penyakit Corona Covid-19. Vaksin pertama yang kami dapatkan akan diberikan kepada petugas kesehatan dan pekerja kritis,” tulisnya. “Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan jika semuanya berjalan dengan baik.”

Bill Gates mengakui bahwa prediksinya ini sejalan dengan Kepala Bagian Penyakit Menular National Institutes of Health, Anthony Fauci yang pernah mengatakan kepada wartawan bahwa prosesnya penemuan vaksin akan memakan waktu 12 hingga 18 bulan. Kami dan [Institut Nasional Alergi dan Penyakit Infeksi Direktur Anthony] Fauci dan yang lainnya berhati-hati untuk tidak menjanjikan hal ini ketika kami tidak yakin. Pekerjaan berjalan dengan kecepatan penuh,” tulis Gates, seperti dilansir dari The Hill, (20/3/2020).

Yayasan milik Bill Gates yakni Bill & Melinda Gates adalah salah satu pendukung Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi Inovasi, sebuah kelompok yang menyediakan dana bagi para ilmuwan yang bekerja pada vaksin virus corona baru. Selain itu, Gates juga membagikan surat yang ditulisnya pada 2015 yang merinci Amerika Serikat tidak siap menghadapi epidemi berikutnya. Pada saat itu, lebih dari 10 ribu orang telah tewas dalam wabah Ebola di Afrika Barat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah vaksin memadai tidak tersedia hingga puncak penularan Ebola. Apa yang telah saya pelajari sangat menyadarkan. Separah-parahnya epidemi ini [Ebola], yang berikutnya bisa jauh lebih buruk. Dunia sama sekali tidak siap menghadapi penyakit misalnya flu khusus yang ganas yang menjangkiti banyak orang dengan sangat cepat,” kata Gates.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!